Hari Nyepi Pemuda Di Pukul Karena Mau Sholat Ke Mesjid

0
69

Proses Hari Raya Nyepi di kawasan Pemecutan Kelod, Denpasar, rame karena ada aksi saling pukul antara pecalang dengan seorang warga muslim. Pecalang asal Banjar Samping Buni bernama Ketut Warta, terlibat saling tinju dengan warga muslim bernama Putu Abdullah.

Adanya saling tonjok itu dibetulkan oleh petugas jaga Pos Polisi Monang Maning, kawasan Denpasar Barat, Bali. Petugas menjelaskan bahwa masalahnya bermula dari kesalahpahaman antara Putu Abdullah dan Ketut Warta, namun masalah tersebut telah didamaikan dan kedua belah pihak sudah menandatangani pernyataan damai.

“Cuma kesalahfahaman saja, tetapi keduanya telah saling menyadari kesalahannya dan telah saling memberi maaf” kata petugas tersebut.

Bambang Santoso, sebagai Ketua Dewan Mesjid Indonesia Provinsi Bali, yang ikut serta mengantar Putu Abdullah ke Pos Polisi Monang Maning mengaku kecewa terhadap kejadian ini. Wajib bagi seluruh pihak dapat membendung diri dengan tidak melakukan perbuatan main hakim sendiri.

Pada kesempatan lain pihak pecalang belum sukses dihubungi. Namun, Putu Abdullah saat dikonfirmasi melalui ponselnya mengaku ia cuma membela diri dikala didahului oleh salah seorang pecalang Bali. Dia menyanggah dikatakan menonjok lebih dahulu, namun ia mengakui telah ada perdamaian yang dijalankan di Pos Polisi Monang Maning.
“Aku telah divisum di RSUP Sanglah, tapi hasilnya masih belum diserahkan pada ku” kata Abdullah.

Abdullah dihentikan dikala hendak menuju ke mesjid untuk menunaikan sholat dzuhur. Waktu dikasih tahu oleh pecalang supaya mengerjakan sholat berjamaah di mesjid terdekat, Abdullah mengaku telah hendak kembali. Hal inilah yang menjadi awal mula terjadinya masalah ini.

Ia mengaku memilih sholat ke mesjid yang lebih jauh, sebab mesjid itu memang menjadi daerah ia mengerjakan sholat sehari-harinya. Namun dikala diberitahu bahwa ada ketetapan selama Nyepi supaya mereka yang hendak sholat berjamaah di mesjid, memilih yang terdekat saja, Adullah seketika menyadari hal itu.

“Tetapi langkah ku kembali dihentikan, akibatnya terjadilah aksi saling pukul. Tetapi bukan aku yang mengawali” kata Abdullah.

Like

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here