Pilkada DKI yang Menangkan Ahok adalah fenomena “LUCU”

0
73
pilkada dki 2017

HARIAN BENGKULU – Pilkada DKI putaran pertama telah berlalu, sedikit banyak menyisakan sebuah memori tersendiri bagi rakyat Indonesia. Namun kemenangan Ahok-Djarot pada pilkada DKI Jakarta putaran pertama lalu menyisakan kejanggalan. Dikarenakan ada lebih dari 480 TPS yang menginformasikan hasil suara 90% lebih untuk pasangan ahok-jarot. Hal ini mendapat perhatian serius masyarakat apalagi dari calon gubernur lainnya dan Anies Baswedan memberi istilah terhadap hal tersebut dengan sebutan “lucu”.

“Kenapa saya sampaikan ini? Karena ada 480 lebih TPS yang angka kemenangannya di atas 90 persen. Mungkin nggak (bila) di tempat itu 90 persen menang? Bapak-ibu, ini lucu. Tapi saya juga tidak tahu apa yang terjadi. Makanya saya bilang lucu,” ungkap Anies kepada masyarakat

“Di mana-mana kalau pilkada itu, nomer 1 kalau menang nih, dapat 55 persen. Sisanya bagi dua. Menang 60 persen, yang 40 dibagi dua. Itu umumnya begitu. Tapi nomor 2 ada 480 TPS lebih yang angkanya di atas 90 persen. Karena itu kita jaga sama-sama,” lanjutnya karena khawatir ada kecurangan-kecurangan yang terjadi disaat putaran kedua nanti .

Anies mengaku bingung dan tidak mengetahui bagaimana ini bisa terjadi. Karena itu, ia menyebutnya sebagai hal yang lucu. Maka Anies mengajak warga untuk menjaga TPS. Dia menyampaikan ajakan ini di tiga lokasi berbeda.

“Besok, harus bisa dipastikan bukan hanya sekedar mencoblos, bukan hanya memenangkan saja, tapi juga harus mengamankan TPS-TPS yang ada. Sebulan ini kita ajak semuanya bukan hanya untuk pilih nomor 3. Tapi juga untuk menjaga warga kita dari praktik-praktik yang lucu,” terang Anies kepada masyarakat dan awak media.

Menghalalkan segala cara dalam pemilihan umum adalah sangat terlarang dalam politik demokrasi. Karena akan menciderai rasa demokrasi itu sendiri.

Like

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here