Wow! Indonesia Mempunyai 30.000 Tanaman Obat Herbal

0
65

Indonesia adalah Negara yang sangat kaya akan potensi sumber daya alamnya. Berbagai tumbuhan pun hidup dengan subur. Namun dari 30.000 tanaman herbal yang dimiliki Indonesia baru 13.000 jenis tanaman yang dimanfaatkan  sebagai tanaman untuk obat. 13 ribu tanaman herbal tersebut masih untuk jamu yang sifatnya hanya preventif dan promotif. Menurut ilmuan 30.000 bahan baku herbal itu sudah digunakan. Tapi baru sebagai jamu. Yang 13 ribu juga sudah digunakan, tapi belum menjadi obat herbal, melainkan masih jamu.. Sehingga potensi dalam memanfaatkan tumbuhan sebagai obat-obatan masih sangat besar.

Obat herbal terstandar dan fitofarmaka merupakan golongan obat yang levelnya kuratif atau bisa menyembuhkan. Sampai saat ini di Indonesia baru memiliki delapan obat fitofarmaka yang sudah memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dan sementara  ini produksi obat herbal terstandar (OHT) dan fitofarmaka atau OHT yang sudah diuji klinis pada manusia baru sekira 500 tanaman yang suah diketahui.

Minimnya pemanfaatan tanaman herbal untuk OHT atau fitofarmaka ini karena investasi riset yang cukup besar dalam biaya dan makan waktu yang lama. Untu bias mendapatkan satu fitofarmaka dibutuhkan waktu delapan tahun penelitian .

Sehingga dari alas an tersebut saat ini membuat belum banyak pihak industri yang tertarik mengembangkan obat fitofarmaka karena belum masuk Formularium Nasional (Fornas) sebagai syarat obat yang bisa digunakan di Jaminan Kesehatan Nasional.

Pengembangan obat herbal di bidang kesehatan bisa mengurangi impor bahan baku obat yang saat ini masih 90 persen dilakukan oleh negara. Sehingga apabila kita bisa produksi dalam negeri sendiri kita akan dapat mengurangi impor obat. Dan  dengan memproduksi obat herbal, industri di Indonesia tidak perlu mengimpor bahan baku melainkan memanfaatkan tanaman herbal yang tumbuh sangat banyak di Indonesia. Sehingga Indonesia bisa lebih maju dengan Negara-negara lainnya di Dunia.

Like

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here